My Acne Story (Part 1)

Udah lama pengen banget sharing perjalanan hidup sama jerawat “blah perjalanan hidup” semoga dengan adanya curhatan mamak beranak tiga melawan jerawat banyak yang bisa diambil terutama sesama pejuang jerawat.

Sebenernya udah lama banget bertemen sama jerawat, jerawat yang mamak punya ini jerawat nackhaal iya bisa dibilang begitu, udah coba hampir semua product tapi kebanyakan ya hasilnya B aja ini entah karena mamak yang gak telaten atau emang kulit mamak kebo atau emang udah suratan takdir hahaha.

Dari gadis sih sudah berjerawat cuma gak separah after nikah, dulu sih masih sempet perawatan di dokter-dokter ternama dijakarta mulai dari yang depannya E sampe N dari murah sampe maharani dan semuanya B aja palingan bagus di tiga bulan pertama selebihnya breakout yang tak berujung.

Akhirnya mamak cari penyebabnya ternyata mamak terlalu sensitif sama kandungan protein tinggi contohnya makanan yang mengandung telur, atau terus-terusan konsumsi ayam potong terlalu berlebih. Kok tau? iya karena setelah diperhatikan mamak baru sadar setiap habis makan makanan tersebut nongol jerawat, gak cuma ayam dan telur ya tapi tempe tahu pun jadi pencetus buat mamak.

Sampe disitu kelar? lumayan kelar meskipun jerawat on – off tapi enggak separah sebelumnya sebelum mamak observasi makanan, oh ya mamak juga perbanyak air putih meskipun masih belajar banyak minum air putih ternyata banyak pengaruh juga terhadap kulit sensitif.

Kulit mamak cenderung berminyak dibeberapa tempat contohnya di zona T tetapi dipipi muka mamak sedikit kering mungkin bisa dibilang mamak ini jenis kulitnya kombinasi yeee..

Beberapa bulan lalu mamak mutusin untuk suntik KB per3 bulan, kayaknya sekitar bulan November 2018 deh, after suntik beberapa hari mamak panen jerawat (panen beras bagus ini panen jerawat) syedih kan.. muka bengkak sebengkak-bengkaknya terutama dagu T.T mamak stress bukan maen harus melakukan apa..

Akhirnya mamak menyerah buat ke dokter kulit sodara-sodara atas saran suami yang mungkin sedih liat bininya ngelamun aja depan kaca sampe maluuu kemana-mana maskeran udah kayak naek motor. Manut ke dokter kulit dokternya kaget kenapa bisa separah ini huhuhu akhirnya curhat kalo abis suntik KB dan dokter tidak menyarankan untuk berKB hormonal gais. singkat cerita dokter akhirnya suntik jerawat-jerawat meradang dimuka mamak, sakit? jangan ditanya sakit buanget. eh iya sebelum bahas lebih lanjut mamak mau info kalau jerawat mamak itu jenisnya tidak bermata alias ada dibawah jaringan kulit jadi kalau seandainya dia pecah bisa bikin lobang scar (karena sudah pasti pecahnya di tusuk dan dipencet) jadi untuk mengindari scar tersebut akhirnya mamak melakukan treatment suntik di beberapa jerawat.

Terus mamak milih KB atau Jerawat? hahaha ini sulit gais tapi demi kewarasan paripurna mamak akhirnya mamak milih TIDAK BER-KB terus kalau hamil lagi gimana? udeh deh ya doain aja mamak dicukupkan 3 anak ini itu juga demi kewarasan bersama #eh

Oh ya mamak perawatan di Dokter Kulit deket rumah menurut mamak sih dia gak akan ngasih obat yang enggak penting kalau dibutuhin jadi tuh mamak cuma dapet cream totol jerawat, cream malam sama cream pagi plus dapet toner doang gak dikasih sabun karena menurut dokternya bebas lah boleh pake apa aja.

Jadi apa yang perlu diketahui untuk menumpas jerawat yang kita punya?

Pertama, kita perlu cari tau jenis kulit kita cenderung berminyak, kering atau kombinasi kalau

Kedua, jenis jerawat yang kita punya itu jenis yang bagaimana, kayaknya jerawat ini macem-macem ya jenisnya ada yang batu, jerawat nasi atau kayak mamak punya tidak bermata jadi dia tumbuh dibawah jaringan kulit

Ketiga, kenalin juga kapan jerawat itu muncul kalau jerawat hormonal bakalan muncul ketika kita menjelang menstruasi mamak juga ngalamin ini jerawat mamak sering numbuh ketika mamak menjelang menstruasi atau jenis jerawat yang dipicu dari makanan contohnya protein tinggi, makanan berlemak, berminyak (jangan salah gorengan juga pencetus jerawat loh) jadi ada banyak sebab. Ada juga jerawat yang karena debu atau perubahan cuaca nih ya biasanya mamak juga bermasalah kalau dari bogor rumah mamak terus mudik ke jawa timur nah biasanya ada beberapa jerawat gak nanggung-nanggung langsung ngeradang dan itu ganggu banget.

jadi udah paham ya, sebenernya banyak banget penyebab timbulnya jerawat gak cuma yang mamak share disini, terpenting kenalin jenis kulit kita ya maks.

Terus mamak udah kelar ngurusin jerawatnya? masih berjuang terutama ketika menjelang haid agak sebel pasti ada satu atau dua jerawat nongol dan masih berjuang banget menghilangkan scar dikepala sih udah mikir mau dermapen sendiri tapi masih maju mundur gais. oh ya mamak juga sudah berhenti menggunakan obat dokter begitu semua jerawat mereda mamak putusin buat berhenti agar tidak menjadi ketergantungan.

mau tau mamak pake apa aja? mamak lanjut dipart 2 ya berikut foto produk yang mamak gunain.

semoga tulisan mamak bermanfaat buat perjuangan mamaks atau gadis-gadis diluaran sana yang sedang berjuang melawan jerawat 😛

salam jerawat!

mommykece_